Gandeng BEM FK, Mahasiswa KKN-PKM Desa Playangan Gelar Pengobatan Gratis

IMG-20170818-WA0018-1024x768

CIREBON – Mahasiswa KKN-PKM kelompok 71 dari Unswagati bekerjasama dengan BEM Fakultas Kedokteran menyelenggarakan kegiatan layanan tensi dan gula darah gratis bagi warga di lokasi KKN di Desa Playangan, Kecamatan Gebang Cirebon. Kegiatan ini diselenggarakan atas permintaan masyarakat setempat yang disampaikan kepada mahasiswa KKN pada saat survey sebelumnya.

“Mas, di Desa ini (Playangan, red) banyak masyarakat yang ingin ada layanan tensi dan gula darah gratis, coba mahasiswa KKN bisa tidak mneyelenggarakan kegiatan semacam itu,” kata Sucipto selaku Ketua Karang Taruna desa setempat.

Kegiatan layanan tensi dan gula darah gratis diselnggarakan di Balai Desa setempat pada Rabu, 16 Agustus 2017. Dalam acara tersebut juga, hadir dua orang dokter dari Unswagati yaitu dr Yandri Naldi, M.H dan dr Herry Nurhendriyanah dan dibantu oleh 7 orang mahasiswa dari fakultas kedokteran. Acara dibuka langsung oleh oleh Kuwu Desa Playangan, Absori. Hadir juga dalam kesempatan tersebut unsur Pembina masyarakat dari koramil dan kepolisian dari polsek Gebang, serta dari perwakilan Puskesmas Gebang.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Unswagati khusunya melalui mahasiswa KKN yang sudah peduli dengan warga kami. Kami berharap warga dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” ungkap Kuwu Absori.

Sebelum dilaksanakan pengecekan tensi dan gula darah, warga terlebih dahulu diberikan penyuluhan oleh dokter tentang petingnya menjaga pola hidup sehat dan menjaga tekanan darah. Kepala LPM Unswgati yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang juga sekaligus ebagai Dosen Pembimbing Lapangan KKN di Desa Playangan, Deden, SP., MP, bahwa program KKN khsusunya seperti yang sedang dilaksanakan ini adalah sebagai bentuk implementasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Unswagati dalam bentuk pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami berharap, kedepan Unswagati semakin bisa dekat dan bermanfaat bagi masyarakat. Karena Unswagati merupakan bagian dari masyarakat,” ujar Deden.

Andi, selaku ketua kelompok melaporkan bahwa sebanyak 103 tercatat mengikuti kegiatan kesehatan ini termasuk Kuwu Playangan, yang menjadi pasien pertama dan diikuti Babinsa. Pihaknya mengaku sangat gembira, karena kegiatan yang dilaksanakan mendapatkan respon dan apresiasi yang positif dari masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Desa Playangan dan secara khusus kepada para dokter serta semua pihak yang membantu melaksanakan kegiatan ini,” tutupnya. (sumber : http://www.cirebonpos.com/gandeng-bem-fk-mahasiswa-kkn-pkm-desa-playangan-gelar-pengobatan-gratis/)