LPPM Universitas Garut Study Banding KKN ke LPM Unswagati

Cirebon Selasa, 12 Mei 2105. Jajaran LPM Unswagati pada hari Selasa, 12 Mei 2105 kedatangan tamu dari LPPM Universitas Garut (Uniga). Sebanyak 6 orang dari Uniga yang dipimpin oleh Kepala LPM Uniga datang berkunjung ke Unswagati dalam rangka Study Banding Kuliah Kerja Nyata (KKN). Rombongan Tim Uniga disambut oleh Bapak Dr. Alfandi, Ir., M.Si (Wakil Rektor I Unswagati)  didampingi oleh Sekretaris dan jajaran LPM serta jajaran Biro Kerjasama Unswagati. Dalam kesempatan itu Bapak WR I berbagi informasi kepada LPPM Uniga tentang suasana fisik dan akademis Unswagati, dari mulai organisasi civitas Unswagati, jumlah bangunan, jumlah fakultas dan jumlah mahasiswa serta hal lainya.  Bapak WR I juga menjelaskan garis besar kegiatan LPM Unswagati, dan beberapa peluang kegiatan yang bisa dikerjasamakan seperti KKN bersama secara terpadu, kerjasama pengabdian dan penelitian serta kerjasama publikasi ilmiah hasil-hasil pengabdian dan penelitian. Sementara itu, Prof. Dr. Hj. Iekeu S (Kepala LPPM Uniga) mengucapkan terima kasih kepada LPM Unswagati atas kesedianya menerima Study Banding ini. Dikatakanya, tujuan LPPM Ungar berkunjung ke LPM Unswagati adalah untuk mendapatkan informasi tentang teknis pelaksanaan KKN di Unswagati, utamanya pengelolaan dan pelaksanaan KKN Multi Fakultas. Karena saat ini di Uniga pola KKN yang dilaksanakan masih per Fakultas dan rencanya pelaksanaan peridode selanjutnya akan dilaksanakan KKN Multi Fakultas, seperti yang dilaksanakana di Unswagati. Masih menurutnya, LPPM Ungar memilih LPM Unswagati sebagai tempat tujuan Study Banding bukan muncul ujug-ujung atau sekedar mau jalan-jalan ke Cirebon, tetapi hal ini berdasarkan informasi dan rekomendasi dari Tim Tematik Jawa Barat yang menginformasikan kepada kami bahwa LPM Unswagati merupakan salah satu LPM yang sudah bagus dalam melaksanakan kegiatan KKN dan tepat waktu dalam menyampaikan laporan ke Pemrov Jabar. Harapanya, LPPM Ungar  bisa mendapatkan banyak ilmu baru dari KKN Unswagati, serta peluang kegiatan yang bisa dikerjasamakan seperti KKN bersama secara terpadu, kerjasama pengabdian dan penelitian serta kerjasama publikasi ilmiah hasil-hasil pengabdian dan penelitian.
 
Misbak, S.Ag., M.Si yang mewakli Kepala LPM yang kebetulan pada saat itu sedang melaksanakan Ibadah Umroh menjelaskan secara detail tahapan demi tahapan pelaksanaan kegiatan KKN dari mulai persiapan sampai akhir dan pelaporan. KKN di Unswagati merupakan program intrakurikuler  bagi mahasiswa dan pola pelaksanaan terpadu bagi semua Fakultas yang dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu semester genap dan ganjil. Pendaftaran KKN di Unswagati juga sudah dilaksanakan secara online dan terintegrasi dengan pusat data, sehingga lebih praktis.
 
Kami merasa senang atas kunjungan Tim LPPM Uniga ke Unswagati, tentunya ini bukan silaturahmi terakhir, kita harus terus melanjutkan komunikasi demi kemajuan kita bersama utamanya terkait kegiatan-kegiatan akademik antar kedua kampus ini. Kami akan selalu membuka diri dan siap membantu semampu kami apabila Uniga membutuhkan informasi atau hal apapun kami. Insya Allah suatu hari kami akan membalas silaturhami ini dengan berkunjung ke Uniga.
 
img-1435289554
 
LPM Unswagati serahkan Hibah Pengabdian pada Masyarakat bagi para Dosen
 
Unswagati Senin, 25 Mei 2015. Bertempat di Ruang Kuliah Fakultas Pertanian, LPM Unswagati serahkan Dana Hibah Pengabdian pada Masyarakat bagi para Dosen dilingkungan Unswagati. Acara penyerahan dana hibah tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Alfandi., Ir., M.Si didampingi oleh Kepala LPM Jimmy Hasoloan, Drs., MM beserta jajaranya. Dalam sambutanya, Bapak WR I berpesan agar para Dosen dapat melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat secara Profesional serta sekaligus selanjutnya dapat mengidentifikasi wilayah-wilayah yang memungkinkan menjadi Desa Binaan secara kontinyu. Beberapa kriteria  Desa binaan  tentunya   wilayah yang masyarakat dan aparat Desa nya membutuhkan kita dan memberikan dukungan bagi kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan.
 
Menurut Kepala LPM Jimmy Hasoloan, Drs., MM, sebanyak 30 Proposal pengabdian pada masyarakat yang diajukan oleh para Dosen pada TA. 2014/2015 semseter genap ini telah diterima oleh LPM dan langsung diseleksi oleh Tim Reviuwer yang ditunjuk oleh LPM. Berdasarkan penilaian  Tim Reviuwer, dari 30 Proposal tersebut, hanya 23 Proposal saja yang memenuhi kriteria dan pada hari ini diberikan Dana Stimulan masing-masing sebesar Rp. 1.500.000,- per Proposal atau per Tim. Adapun Dosen yang akan terlibat pada kegiatan pengabdian dari 23 Proposal tersebut sebanyak 51 orang. Semoga dengan adanya Dana Stimulus tersebut, harapan kami dapat mamacu para Dosen untuk melaksanakan kegiatan pengabdian paada masyarakat, yang merupakan salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.