image006

Mahasiswa KKN dan kepala Desa Kaligawe Gelar Peresmian Rumah Kreatif

image006

CIREBON – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unswagati di Desa Kaligawe, Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon, telah meresmikan Rumah Kreatif bersama pemerintah Desa (Pemdes), pada Senin malam (13/3). Peresmian tersebut dihadiri dari berbagai elemen masyarakat di antaranya mengundang Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Cirebon, dan salah satu ormas seni dan Budaya (Manggala) untuk menghadiri acara peresmian Rumah Kreatif.

“Rumah Kreatif merupakan program kerja mahasiswa KKN, program ini dibuat berdasarkan kondisi demografi di Desa Kaligawe tersebut. Program Rumah Kreatif ditujukan untuk masyarakat Desa Kaligawe yang mempunyai minat bakat serta potensi dibidang-bidang tertentu, seperti bidang seni, olahraga, kerohanian, advokasi, informasi dan komunikasi,” ujar Nazmudin, selaku ketua pelaksana program rumah kreatif.

image004

Terbentuknya Rumah Kreatif berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Unswagati di Desa Kaligawe sebelum melaksanakan program kerja yang telah dibuat. Dari hasil observasi yang telah didapatkan, ternyata di Desa Kaligawe sejak dahulu mempunyai seni dan budaya seperti lawakan, calung, dan teater. “Di zaman modern seperti ini, kearifan lokal tersebut mati suri dan tidak ada yang menghidupi kembali. Dengan diadakannya Rumah Kreatif, mahasiswa KKN berharap Rumah Kreatif merupakan awal dari kebangkitan kembali seni dan budaya yang sudah dari dulu ada di Desa Kaligawe,” ujar Amir Mahmud, selaku koordinator KKN Unswagati di Desa Kaligawe.

‘Dengan datangnya mahasiswa KKN dari Unswagati di sini, masyarakat sangat terbantu dan termotivasi terhadap program-program yang selama ini mahasiswa jalankan, khususnya rumah kreatif, saya apresiasi dan mendukung penuh terkait rumah kreatif, semoga apa yang telah mahasiswa abdikan di sini bermanfaat dan program rumah kreatif ini berkelanjutan,” ujar Bapak Entis Sutisna selaku Kepala Desa Kaligawe.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *